Memulai Bisnis

Memulai bisnis melibatkan perencanaan, membuat keputusan keuangan penting, dan menyelesaikan serangkaian kegiatan hukum seperti pengurusan berbagai variabel untuk mendirikan legalitas perusahaan di antaranya adalah dengan membuat PT atau CV.

 

Scroll ke bawah untuk mengetahui tentang setiap langkahnya.

 

1. Hal pertama Memulai Bisnis : Tuliskan Rencana Bisnis Anda

Rencana bisnis Anda adalah dasar dari bisnis Anda. Ini adalah peta jalan tentang cara menyusun, menjalankan, dan mengembangkan bisnis baru Anda. Anda akan menggunakannya untuk meyakinkan orang bahwa bekerja dengan Anda — atau berinvestasi di perusahaan Anda — adalah pilihan yang cerdas.

 

2. Hal kedua dalam Memulai Bisnis : Melakukan riset pasar

Riset pasar akan memberi tahu Anda jika ada peluang untuk mengubah ide Anda menjadi bisnis yang sukses. Riset pasar memungkinkan anda untuk mengetahui hal-hal yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

 

Ini juga merupakan cara terbaik untuk mengumpulkan informasi tentang calon pelanggan dan bisnis yang sudah beroperasi di wilayah Anda. Gunakan informasi itu untuk menemukan keunggulan kompetitif bagi bisnis Anda dibandingkan dengan para pesaing bisnis anda.

 

3. Hal ketiga dalam Memulai Bisnis : Mendanai bisnis Anda

Rencana bisnis Anda akan membantu Anda mengetahui berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk memulai bisnis Anda. Jika Anda tidak memiliki jumlah itu, Anda harus meningkatkan atau meminjam modal. Untungnya, ada lebih banyak cara dari sebelumnya untuk menemukan modal yang Anda butuhkan.

 

Cara paling tepat adalah menggunakan tabungan anda sendiri agar tidak menjadi beban ketika bekerjasama dengan orang. AKan tetapi jika memang sangat berat bagi anda untuk menyediakan dana pembiayaan bisnis anda sendiri, anda dapat bekerjasama dengan investor. Susun proposal sedetil dan sejelas mungkin untuk memberi gambaran prospek bisnis anda ke depannya, jangan terlalu optimis dan jangan terlalu pesimis. Selalu kedepankan obyektifitas.

 

4. Langkah keempat dalam Memulai Bisnis : Pilih lokasi bisnis Anda

Lokasi bisnis Anda adalah salah satu keputusan terpenting yang akan Anda buat. Baik Anda mendirikan bisnis fisik atau meluncurkan toko online, pilihan yang Anda buat dapat memengaruhi pajak, persyaratan hukum, dan pendapatan Anda. Tak syak lagi bahwa tempat yang strategis ikut meningkatkan traffic pada penjualan anda sekalipun konsep awal bisnis anda adalah online.

 

Masuk dalam pengertian ini adalah membuat website yang bagus dan terkonsep secara tepat agar cocok dengan rencana ke depan bisnis anda.
Di ngobiss.com kita belajar bagaimana membangun sebuah website yang mendukung rencana bisnis anda.

 

Anda harus benar-benar memiliki website sendiri dan jangan mengandalkan akun medsos anda saja. Kombinasi antara website dengan medsos, google my business, dan juga platform yang lain yang relevan akan sangat mendongkrak bisnis anda dan mendatangkan traffic yang signifikan. Kontak tim ngobiss.com sekarang juga untuk advice terbaik website anda. Whatsapp.

 

Mengapa pesan website ke ngobiss.com ? Website yang dikonsep oleh ngobiss.com selalu berpedoman pada 3 hal berikut :

  • SEO friendly, website yang mengedepankan kaidah-kaidah SEO agar mesin pencari google senang berkunjung dan berlama-lama di situs anda
     
  • Diberikan panduan bagaimana mendatangkan traffic ke situs anda yang pada gilirannya akan meningkatkan penjualan anda tentunya. Panduan dalam bentuk tutorial komprehensif.
     
  • One stop solution, artinya seluruh kebutuhan dalam optimasi dan powerfull website anda untuk menunjang bisnis anda disediakan oleh ngobiss. Misalnya : domain, hosting, dan jasa maintenance. Jadi anda tinggal fokus di update konten saja. 

 

5. Hal kelima dalam Memulai Bisnis : Pilih struktur bisnis

Struktur hukum yang Anda pilih untuk bisnis Anda akan memengaruhi persyaratan pendaftaran bisnis Anda, berapa banyak Anda membayar pajak, dan kewajiban pribadi Anda. Namun demikian di awal-awal bisnis kita menyarankan jangan terlalu fokus pada pertimbangan hukum, yang penting jalan aja dulu.

 

Bujet modal lebih baik dialokasikan pada hal-hal lain yang lebih urgen sifatnya seperti membangun tools penjualan seperti website misalnya, dan juga anggaran untuk penjualan dan marketing. Karena tanpa penjualan, bisnis sebagus apapun juga tidak akan lama bangkrutnya.

 

6. Hal keenam dalam Memulai Bisnis : Pilih nama bisnis Anda

Tidak mudah untuk memilih nama yang sempurna. Anda akan menginginkan yang mencerminkan merek Anda dan menangkap semangat Anda. Anda juga ingin memastikan nama bisnis Anda belum digunakan oleh orang lain.

 

Cara paling baik dalam menentukan nama adalah dengan berkonsultasi dengan spesialis nama. Akan tetapi ini akan melibatkan tambahan biaya. Sebaiknya anda lebih fokus membuat nama dari filosofi yang anda ingin angkat sebagai jiwa bisnis anda. Masalah belakang nanti ingin ganti tidak masalah jika memang bisnis sudah besar dan sudah ada anggaran untuk hal tersebut.

 

7. Hal ketujuh dalam Memulai Bisnis : Daftarkan bisnis Anda

Setelah Anda memilih nama bisnis yang sempurna, inilah saatnya untuk menjadikannya legal dan melindungi merek Anda. Jika Anda menjalankan bisnis dengan nama yang berbeda dari nama Anda sendiri, Anda harus mendaftar ke pemerintah dengan membuat PT atau CV.

 

Membuat PT atau CV tidak hanya menunjukkan bahwa bisnis anda ilegal, tapi yang paling penting adalah bahwa hal tersebut menjadikan anda akan komitmen di bisnis anda. Anda akan berpandangan eman-eman berhenti wong sudah komitmen dan mengurus legalitas kok berhenti.

 

Sebelum urusan hukum, ada yang lebih urgen, yakni memastikan nama bisnis anda tercantum di berbagai media channel sosial seperti fb fanpages, Instagram, dan juga Google My Business. Ini penting agar nama bisnis anda tidak diambil oleh orang lain.

 

8. Hal kedelapan dalam Memulai Bisnis : Buka rekening bank bisnis

Rekening giro usaha kecil dapat membantu Anda menangani masalah hukum, pajak, dan sehari-hari. Kabar baiknya adalah mudah untuk menyiapkannya jika Anda memiliki pendaftaran dan dokumen yang tepat.

Namun untuk pertama kalinya, apalagi bisnis yang sifatnya retail dan tidak berkaitan dengan pemerintah menurut saya lebih baik anda menggunakan rekening sendiri. Karena selain praktis dan cepat prosesnya.

 

9. Langkah kesembilan dalam Memulai Bisnis : Segera Buka Toko anda

Selamat ! Saatnya untuk memotong pita besar. Bisnis Anda resmi dibuka. Sekarang, fokuslah untuk mengelola dan mengembangkan bisnis Anda.

 

Ingin memulai bisnis online untuk perusahaan anda sendiri dengan modal sangat ringan. Ayo bergabung dengan Sekolah Membangun Website Ngobiss. Kita akan belajar bersama dan menyamakan frekuensi gelombang bisnis kita di sana, memulai langkah kecil untuk dalam beberapa bulan ke depan berada di fase perusahaan impian sesuai passion anda.